Hanny Pirss, Sering Sesak Napas Ternyata GERD?

Thu, 14 February 2019

Hanny Pirss, Sering Sesak Napas Ternyata GERD?

Hampir setiap hari aku sesak napas. Kirain penyebabnya karena penyakit jantung, ternyata setelah ke dokter, aku malah punya GERD.

Baca juga : Perbedaan Maag dan GERD

KOK GERD BISA BIKIN SESAK NAPAS SEPERTI PENYAKIT JANTUNG DAN ASMA?

Kalau GERD udah parah, tandanya kerusakan katup lambung dan kerongkongan juga makin parah karena terlalu sering melonggar dan terbuka. Kerusakan itu berpengaruh sampai ke saraf dan akhirnya bikin sesak napas.

KENAPA GERD BISA TERJADI?

1. Makan terlalu cepat (mengunyah sebentar dan langsung telan) menyebabkan katup lambung dan kerongkongan melonggar sehingga asam lambung jadi naik

2. Makan sambil mengobrol sehingga udara ikut masuk bersama makanan dan membuat tekanan dalam lambung meningkat

3. Ngemil terlalu sering sehingga katup lambung tidak istirahat dan terus menerus terbuka, dan meningkatkan tekanan terus menerus dalam lambung sehingga asam lambung naik ke atas

4. Konsumsi makanan yang susah dicerna seperti protein hewani (misal, daging merah) dan serat yang tidak seimbang

BAGAIMANA SUPAYA GERD DAPAT DIATASI?

Untungnya setelah coba rutin Detox 1 hari setiap minggu, GERD jadi gak pernah kambuh. Aku udah gak pernah sesak napas lagi, dan bonusnya jerawat yang sering muncul di dagu karena pola makan sembarangan jadi ikutan ilang. Seneng banget pokoknya!

Nah, kalian yang sering sesak napas, jangan dianggap remeh ya. Bisa jadi kalian kena GERD kayak aku. Periksa ke dokter dan mulai perbaikin makan lewat rutin Detox. Jangan nunggu sampe parah kayak aku baru heboh nyari solusi.

Baca juga : Apa itu Detox?

Tanya Hanny Pirss yang sering sesak napas karena GERD.

Update Terbaru