Listianto Amin, Nyeri Sendi Bisa Jadi Penyakit Autoimun?

Thu, 10 January 2019

Listianto Amin, Nyeri Sendi Bisa Jadi Penyakit Autoimun?

Nyeri sendi adalah rasa sakit atau nyeri di penghubung tulang ke tulang. Tapi jarang yang tau kalau nyeri sendi ternyata bisa menjadi tanda kalau ada penyakit autoimun dalam tubuh.
Gue juga sempat gak percaya. Mikirnya "Ah paling nyeri sendi biasa." Ternyata setelah periksa ke dokter, gue terkena penyakit autoimun.

Buat yang masih belum tau apa itu penyakit autoimun, klik di sini ya.

Kok bisa Autoimun menyerang sendi dan akhirnya jadi penyakit?

  1. Penyakit Autoimunmuncul dari reaksi radang berkepanjangan (radang yang gak sembuh-sembuh). Kalau tubuh kena radang terus-menerus, sistem Imun bisa terganggu dan jadi penyakit Autoimun.
  2. Penggunaan organ tubuhyang berlebihan. Dalam kasus ini, sendi. Dulu gue hobi banget main basket. Biar udah capek, hajar terus!
    Ternyata itu bikin sendi gue overuse & akhirnya radang terus-menerus. Awalnya cuma pegal biasa, terus kerasa sakit dan gak hilang-hilang. Itu tanda kalau organ dalam tubuh mulai radang karena terlalu sering digunain.
  3. Usus kotor karena hobi makan junkfood (yang dulu ampir tiap hari gue makan). Usus kotor bikin reaksi radang di tubuh semakin parah. Otomatis, penyakit Autoimun jadi semakin parah juga.

BAGAIMANA SUPAYA PENYAKIT AUTOIMUN MEMBAIK?

Selain gak main basket berlebihan lagi, gue perlu kasih asupan nutrisi dari dalam untuk mengurangi radang biar penyakit Autoimun gak semakin parah.

Makanya, dokter menyarankan buat jaga makan. Gue mulai dari yang paling gampang 👉Rutin Detox 1 hari tiap minggu untuk memenuhi asupan nutrisi sayur buah ke dalam tubuh gue + bersihin usus biar gak kotor lagi.

GIMANA RASANYA SETELAH DETOX & GANTI POLA HIDUP?

Setelah 3 bulan rutin Detox, gue gak kalap makan kayak dulu. Sekarang makan nasi putih 1/2 porsi udah kenyang. Junkfood sama martabak juga bikin eneg. Dan yang terpenting,  penyakit Autoimun gue membaik.

Baca juga : Apa itu Detox?

Kalau masih ada pertanyaan, jangan ragu langsung tanya gue di sini ya!

Update Terbaru